Apakah Konsumsi Suplemen Bisa Sebabkan Efek Samping?

Selama pandemi COVID-19, para ahli kesegaran menyarankan untuk merawat kekuatan tahan tubuh agar tidak ringan sakit dan diserang virus bersama dengan mengkonsumsi suplemen. Selain menentukan suplemen apa yang harus dikonsumsi cocok kebutuhan, langkah mengonsumsinya termasuk harus diperhatikan.

Apakah suplemen sanggup mengakibatkan pengaruh samping seperti obat pada umumnya? Ketua International Society of Pharmacovigilance (ISoP) Indonesia dr. Jarir At Thobari menjelaskan suplemen sanggup mempunyai pengaruh samping dikarenakan di dalamnya selalu ada zat kimia yang ditambahkan didalam sistem pembuatan. “Tidak hanya vitamin yang dimasukan, ada unsur formulasi seperti ditambahkan bahan lain agar obat tidak kedaluwarsa didalam sebagian waktu,” webinar Patient Safety Day 2020, Kamis (17/9/20200 vitamin perkuat daya tahan tubuh .

Efek samping seperti sembelit, diare, nyeri lambung sampai reaksi alergi sering dilaporkan orang yang mengkonsumsi multivitamin. Namun, pencetus reaksi alergi itu bukan disebabkan oleh vitamin, namun bahan aktif lain yang ada di didalam vitamin tersebut. “Kalau berjalan seperti itu, hentikan sementara dan laporkan kepada dokter,” ujar dia.

Dia menambahkan, mengkonsumsi suplemen tidak harus bila seseorang udah mengkonsumsi nutrisi baik tiap-tiap hari. Untuk merawat sistem kekebalan, setidaknya ada dua style yang harus dicukupi kebutuhannya, yaitu vitamin C dan D. Vitamin C larut didalam air yang secara alami ada di sebagian makanan, seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan tomat harga sop 100 subarashi .

Vitamin ini termasuk dikenal sebagai antioksidan yang memainkan peran penting didalam manfaat kekebalan. Sementara vitamin D larut didalam lemak dan secara alami ada didalam sebagian makanan, seperti ikan berlemak, hati sapi, keju, dan kuning telur. Vitamin ini diproduksi di didalam tubuh ketika cahaya UV dari matahari perihal kulit dan sebabkan apa yang dikenal sebagai sintesis vitamin D. Dalam tubuh, vitamin D sanggup melaksanakan banyak hal termasuk memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan mendukung manfaat kekebalan.

Apakah Konsumsi Suplemen Bisa Sebabkan Efek Samping?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *